Bagaimana cara jual rumah di OLX agar cepat laku dengan harga terbaik? OLX merupakan salah satu platform jual beli yang efektif untuk Anda yang ingin menemukan pembeli rumah dengan cepat. 

Akan tetapi, jual rumah di OLX tak sekadar pasang foto dan memasang harga, ada berbagai strategi agar peluang rumah terjual makin meningkat. Bagaimana cara penjualannya? Mari kita telusuri jawaban selengkapnya dalam artikel ini. 

Cara Jual Rumah di OLX Cepat Laku

Jual rumah di OLX tidak semudah yang dibayangkan, namun juga tidak sesulit itu jika Anda sudah paham akan strateginya. Berikut ini adalah cara jual rumah ke OLX yang wajib Anda tahu.  

1. Riset dan Pahami Audiens 

Hal yang perlu Anda lakukan sebelum menjual rumah di OLX adalah melakukan riset. Strategi dan cara jual rumah di OLX satu ini penting untuk tahu target pasar atau pembeli sekaligus memaksimalkan pemasaran. 

Pertama, cari kata kunci yang populer jika orang-orang mencari rumah di platform ini. Jangan lupa gunakan filter lokasi supaya Anda bisa fokus memasarkan rumah pada area tertentu. Amati perbandingan harga yang dipasang dengan fitur yang disediakan. Misalnya rumah dengan harga Rp500 juta memiliki luas bangunan, fasilitas, dan jumlah ruangan seberapa. 

Pada bagian riset kali ini, cek juga bagaimana komentar atau pertanyaan yang sering diajukan oleh pengguna OLX. Misalnya akses transportasi, tentang cicilan, dan lain sebagainya. Cari tahu demografi secara tidak langsung seperti rumah A mungkin lebih banyak diminati oleh para pebisnis, atau rumah B lebih banyak dicari oleh pekerja kantoran. 

Jika diperlukan untuk riset mendalam, Anda bisa mengadakan survei online tentang rumah yang sering dicari oleh masyarakat tertentu di OLX. Lakukan komunikasi juga dengan pengguna tentang preferensi mereka. 

2. Buat Deskripsi yang Memikat

Cara jual rumah di OLX yang penting untuk diperhatikan adalah deskripsi. Tak asal tulis, deskripsi produk yang dipasang di OLX harus diperhatikan. Bagaimana cara membuat deskripsi yang menarik dan dilirik oleh pengguna?

Gunakan judul yang tak hanya menarik, namun juga jelas dan ringkas. Judul harus mampu memberikan gambaran produk serta fitur utamanya. Berikan detail lokasi atau kondisi produk jika itu sangat efektif. 

Untuk deskripsi secara keseluruhan, tekankan pada value produk atau kelebihan utama dibandingkan produk lain. Beri penjelasan yang spesifik dan selengkap-lengkapnya informasi. Selain itu, berikan gambaran atau bayangan manfaat yang bisa dirasakan jika membeli rumah yang Anda tawarkan. Agar mudah dibaca dan tidak membosankan, buat deskripsi tersebut dalam bentuk list atau poin-poin.

3. Ambil Foto Rumah dengan Proper

Bagian rumah yang setidaknya ada di foto katalog produk rumah adalah foto eksterior depan, kamar tidur utama, ruang tamu, kamar mandi, ruang makan, halaman belakang, serta lingkungan sekitar, Jika terdapat ruang lain selain yang disebutkan tadi, Anda bisa menambahkannya. 

Gara hasil foto proper dan menarik, gunakan kamera yang memiliki kualitas baik serta pengaturan yang pas. Atur komposisi dan ambil foto dengan pencahayaan optimal. 

Sebelum pengambilan foto, pastikan ruangan sudah dibersihkan dan ditata agar tidak terlihat item yang mengganggu estetika. Supaya foot produk makin menarik, edit foto dengan pas, jangan sampai menggunakan filter yang berlebih. Untuk katalog OXL, Anda bisa mengunggah setidaknya 10 sampai 15 foto terbaik. 

4. Manfaatkan Fitur OLX

Salah satu cara jual rumah di OLX agar penjualan lebih cepat adalah dengan memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia di OLX. Dengan penggunaan yang optimal, daya tarik dan visibilitas iklan main meningkat. Dengan begitu, rumah Anda berpeluang dibeli oleh orang yang tepat. 

  • OLX menawarkan pasang iklan gratis tanpa sepeser biaya di awal. 
  • Tidak ada batasan jumlah foto sehingga tiap bagian rumah bisa ditampilkan secara lengkap. Deskripsi produk bisa ditulis lebih panjang dan detail, terdapat kolom yang bisa diisi seperti jumlah kamar, lokasi, ukuran, dan lain-lain. 
  • Pembeli dapat mencari rumah dengan filter pencarian yang tersedia, misalnya berdasarkan harga, lokasi, atau lainnya. 
  • Fitur maps atau lokasi untuk properti secara akurat sehingga pembeli dapat mengetahui lokasi langsung. 
  • Terdapat paket promosi yang tersedia seperti top listing (iklan di posisi paling atas), bump ads (iklan dikembalikan ke posisi teratas secara berkala), serta spotlight ads (terdapat label khusus sehingga iklan menonjol dan menarik perhatian. 

Selain fitur di atas dengan berbagai manfaatnya, OLX memberikan fitur lain seperti simulasi KPR, fitur direct message atau chat, statistik dari iklan, serta fitur review. 

5. Tunjukkan Sertifikat dan Testimoni 

Menunjukkan sertifikat serta testimoni secara langsung merupakan strategi atau cara jual rumah di OLX yang ampuh. Kepercayaan pengguna OLX sebagai calon pembeli bisa lebih meningkat. Akan tetapi, ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan. 

Pertama, jangan membagikan foto sertifikat rumah secara full, terutama pada bagian yang terdapat nomor sertifikat dan informasi pribadi Anda. Kedua, tambahkan informasi dalam deskripsi produk jika sertifikat tersebut asli dan pada akhirnya bisa dicek secara langsung oleh pembeli. 

Bagikan juga testimoni dalam format gambar jika sebelumnya Anda pernah menjual rumah lain. Agar tetap dipercaya oleh calon pembeli, buat testimoni yang realistis dan tidak berlebihan. 

Baca Juga: Cara Mengurus Sertifikat Hak Milik Rumah Lengkap

6. Respon Calon Pembeli dengan Tepat 

Agar terjual makin cepat, Anda bisa menerapkan cara jual rumah di OLX satu ini, yaitu respon pertanyaan atau kebutuhan pembeli dengan cepat. Caranya mulai dari mengaktifkan notifikasi OLX sehingga ketika ada pesan masuk tidak akan terlewat. 

OLX sebagai platform andalan untuk jual rumah ini juga menyediakan fitur chat atau balas otomatis. Fitur ini memberikan kesan bahwa penjual responsif meskipun belum secara langsung dibalas. 

Ada beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan oleh pengguna. Anda sisa memanfaatkan template jawaban sehingga tidak perlu lagi mengetik dari awal. 

Ada kalanya calon pembeli yang berminat tinggi menanyakan hal penting dan serius. Oleh karena itu, prioritaskan untuk menjawab pertanyaan penting tersebut. Jangan lupa untuk memeriksa pesan atau pemberitahuan secara berkala agar Anda sebagai penjual tidak kehilangan kesempatan emas tersebut.

7. Manfaatkan Media Sosial atau Google My Business

Cara jual rumah di OLX agar produk mudah ditemukan pembeli adalah dengan memanfaatkan sosial media dan Google My Business. Kedua platform tersebut bisa menjadi jala ninja untuk menjangkau lebih banyak audiens. 

Untuk media sosial, bagikan link iklan di OLX, postingan di Instagram, atau marketplace dari Facebook. Promosi video TikTok tau iklan media sosial juga bisa Anda manfaatkan dalam hal ini. 

Sementara itu, GMB atau Google My Business berguna untuk menampilkan produk di mesin pencari Google. Beberapa hal yang bisa dimanfaatkan dari platform ini adalah profil, deskripsi produk, foto, postingan, sampai dengan review. 

Pilih Rumah yang Tepat dari Suvarna Raja 

Strategi dan cara jual rumah di OLX yang tepat bisa membantu para penjual rumah untuk mempromosikan produk secara gratis. Berbagai fitur yang disediakan memungkinkan penjual mendapatkan hasil terbaik penjualan rumah secara cepat dan menguntungkan. Menjual rumah bisa menjadi opsi terbaik ketika Anda sedang butuh dana, ingin pindah rumah, atau karena beberapa hal lain. 

Oleh karena itu, pilih rumah yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Perumahan Suvarna Raja adalah solusi untuk Anda yang sedang mencari hunian baru di kawasan strategis. Berbagai fasilitas dan eksklusifnya perumahan Suvarna Raja mampu memenuhi kenyamanan dan kebutuhan Anda. Hubungi Admin Suvarna Raja untuk konsultasi lebih lanjut!