Apa saja keuntungan rumah tusuk sate? Seperti yang diketahui, rumah tusuk sate kerap dianggap tidak menarik karena lokasi yang tidak ideal serta mitos-mitos tentangnya. Padahal sebenarnya jenis rumah ini memiliki keunggulan dan potensi besar jika dipilih dan ditata dengan tepat sehingga memberikan kenyamanan bagi penghuninya. Lokasi rumah tusuk sate yang tak biasa ini memberikan keunikan tersendiri. Simak penjelasan terlengkap tentang keunggulan rumah tusuk sate dalam artikel berikut ini. 

Apa itu Rumah Tusuk Sate?

Sebelum membahas keuntungan rumah tusuk sate, sudahkah Anda mengenali apa itu rumah tusuk sate? Rumah tusuk sate adalah kiasan yang diberikan untuk sebuah rumah yang lokasinya di persimpangan atau ujung jalan buntu yang mana membentuk posisi lurus dengan jalan yang secara langsung menghadap ke arah rumah tersebut. Oleh karena itu, rumah ini seolah-olah digambarkan sebagai rumah yang ditusuk oleh jalan di depannya. 

Secara umum, rumah tusuk sate bisa berlokasi di beberapa titik ini. 

  • Rumah tusuk sate ujung jalan merupakan posisi yang paling khas dari istilah rumah tusuk sate. Yaitu ada di ujung jalan yang seolah – olah menjadi penutup dari suatu jalan tersebut. 
  • Rumah tusuk sate persimpangan jalan. Yaitu berada di posisi persimpangan empat maupun persimpangan tiga (simpang T). 
  • Rumah tusuk sate di jalan utama. Yaitu berada di jalur utama atau jalan besar yang relatif ramai dan mudah dilalui kendaraan yang lalu – lalang. 

Posisi rumah yang seperti ini dalam budaya tertentu dianggap membawa hal yang kurang baik seperti ketidakberuntungan. Mitos tersebut menyebutkan jika  energi yang datang langsung ke rumah dapat membawa hal negatif dan lain sebagainya.

Akan tetapi, tak sedikit dari orang – orang yang justru menganggap bahwa banyak peluang dan keuntungan rumah tusuk sate. Mitos tersebut dapat disesuaikan dengan cara pemilihan desain dan penataan ruang yang tepat. Sehingga pencahayaan alami, sirkulasi udara, dan pemanfaatan lahan menjadi maksimal. 

Berbagai Keuntungan Rumah Tusuk Sate 

Apa yang membuat rumah tusuk sate lebih spesial dibandingkan rumah lain? Berikut ini adalah keuntungan dari rumah tusuk sate. 

1. Lahan Lebih Luas 

Halaman Depan rumah Tusuk Sate

Lahan depan yang lebih luas dibandingkan dengan rumah yang lokasinya pada posisi biasa merupakan salah satu keuntungan rumah tusuk sate yang utama. Rumah yang lokasinya ada di persimpangan atau ujung jalan sering menyisakan lebih banyak ruang terbuka di halaman depan rumah. Lahan tambahan seperti ini sangat bermanfaat untuk parking area, taman, serta tempat usaha. 

Untuk luas lahan depan pada setiap rumah bervariasi, bisa jadi luas atau lebih sempit tergantung tata letak jalan di sekitarnya dan desain kawasan perumahan. Oleh karena itu penataan ruang menjadi hal penting agar lahan depan menjadi lebih luas. 

2. Lingkungan yang Kondusif 

Keuntungan rumah tusuk sate yang berada di ujung jalan memberikan kenyamanan tersendiri bagi penghuni dan recommended dijadikan opsi lokasi hunian. Hal itu disebabkan oleh kendaraan yang jarang melewati area tersebut. Sehingga suara bising kendaraan akan sangat jarang terdengar. 

3. Harga Terjangkau 

Harga Rumah Tusuk Sate Terjangkau

Ingin mencari rumah dengan harga yang lebih terjangkau? Rumah tusuk sate adalah solusi terbaik untuk Anda yang ingin mencari harga rumah affordable. Pasalnya, rumah yang lokasinya tak biasa ini tidak terlalu banyak dilirik orang jika dibandingkan rumah yang memiliki lokasi normal. Beberapa faktor yang mendukung harga rumah tusuk sate lebih murah sebagai berikut.

  • Mitos rumah tusuk sate di masyarakat adalah rumah yang membawa energi negatif atau sial. 
  • Dari segi psikologis, rumah yang menghadap langsung dengan jalan cenderung menimbulkan kekhawatiran karena kurang adanya privasi. 
  • Faktor Feng Shui yaitu posisi rumah tusuk sate dianggap mengganggu aliran energi positif, karena lebih banyak lalu lalang kendaraan yang ikut membawa negative energy
  • Secara praktis, rumah tusuk sate yang berlokasi di persimpangan ini rawan terkena polusi udara dan risiko keamanan. 

Faktor tersebut sering membuat penjual atau pemilik umumnya menjual rumah dengan harga pasaran yang relatif lebih murah. Karena itulah kesempatan emas bagi Anda yang ingin mendapat hunian impian dengan harga terbaik.  

4. Cocok untuk Tempat Usaha 

Rumah Tusuk Sate Cocok untuk Usaha

Lokasi rumah yang berada di ujung atau persimpangan jalan bisa dianggap sangat strategis dan mudah dilihat dari berbagai arah. Selain mudah diakses, lokasi seperti ini tentu saja lebih menarik perhatian orang  – orang yang lewat. Hal seperti ini memberikan keuntungan visual bagi Anda pemilik bisnis. 

Contoh usaha atau bisnis yang cocok berlokasi di area tusuk sate adalah kafe, warung makan, toko kelontong, klinik, atau apotek. Tak hanya itu, bengkel, salon, dan barbershop juga ideal jika terletak di area ini. 

5. Desain Suka-Suka 

Keuntungan Rumah Tusuk Sate

Keuntungan rumah tusuk sate selanjutnya dari segi fleksibilitas desain rumah. Dengan adanya lahan depan yang lebih luas memungkinkan Anda dapat mengatur tata ruang dan tampilan rumah sesuai dengan keinginan. Anda juga dapat memilih desain rumah dengan gaya arsitektur lebih unik atau gaya modern. Misalnya bentuk balkon rumah yang lebih menonjol, jendela besar, atau bentuk bangunan asimetris lainnya. 

Baca Juga: Ide Desain Balkon Rumah Paling Nyaman

6. Sirkulasi Cahaya dan Udara Lancar 

Jendela Lebar Rumah Tusuk Sate

Selain memiliki lahan depan yang luas, keuntungan rumah tusuk sate salah satunya adalah sirkulasi udara yang lebih baik. Alasannya adalah rumah dengan posisi ini lebih terbuka dan memiliki banyak jendela. Sehingga aliran udara menjadi lebih baik dibandingkan rumah pada posisi normal. Udara yang lancar ini dapat mengurangi kelembaban ruangan sehingga jauh dari bakteri atau jamur yang bertumbuh. 

Selain udara, pencahayaan alami yang masuk ke rumah tusuk sate lebih maksimal. Hal ini tentu saja sangat menguntungkan pemilik rumah karena lebih hemat energi dari lampu serta suasana rumah lebih cerah. Tak hanya itu, cahaya alami yang masuk ke rumah memungkinkan produksi vitamin D lebih optimal sehingga bermanfaat untuk sistem kekebalan tubuh dan kesehatan tulang Anda. 

Apakah Rumah Tusuk Sate Pilihan yang Tepat?

Di balik segala kekurangan dan mitos yang masih beredar di masyarakat, keuntungan rumah tusuk sate secara nyata bisa dirasakan oleh pemilik rumah. Saat ini tak sedikit dari orang – orang mengincar lokasi properti seperti ini karena jauh lebih strategis, mudah diingat, dan mencolok visual. Kini jumlah rumah tusuk sate semakin bertambah karena adanya pertumbuhan suatu kota dan perencanaan tata ruang kota yang semakin optimal. Tak cuma itu, persepsi masyarakat lebih terbuka tentang mitos – mitos rumah tusuk sate.

Apalagi jika rumah tusuk sate berada di suatu perumahan merupakan pilihan properti yang sangat baik. Anda dapat memanfaatkan peluang ini untuk membuka usaha karena lokasi yang strategis dan mudah dicari oleh pembeli.

Salah satu contohnya adalah perumahan eksklusif dari Suvarna Raja yang terletak di Klaten yang menawarkan banyak keuntungan. Yaitu perumahan di kawasan strategis, menggunakan one gate system untuk menjaga keamanan, desain rumah bisa diubah, serta yang paling penting adalah SHM sudah per kavling. Wujudkan hunian impian Anda bersama Suvarna Raja Exclusive Housing!